Perbedaan Batu Bacan dengan Hijau Garut, Sungai Dareh, Giok Aceh

10 comments

Persamaan Batu Bacan dengan Hijau Garut, Sungai Dareh, dan Giok Aceh 

Batu Bacan, Sungai Dareh, Idocrase aceh, Hijau Garut itu masih dalam jenis Chalcedony. Batu Bacan masuk ke dalam chrysocola-in-Chalcedony, jadi memang ada kemiripan tapi yang membedakan adalah chrysocolanya. Chrysocola sendiri memegang peranan penting dari pembentukan warna pada batu Bacan, terdiri dari blue-green, bluish-green, greenish-blue, green-green dsb. Chalcedony mempunyai tingkat kekerasan sampai tingkat 8 Skala Mohz. Tidak semua batu Bacan ditemukan dalam bentuk kristal. Hal ini dikarenakan kandungan kapur di dalamnya, tetapi kapur ini seiring berjalannya waktu dapat hilang biasanya diiringi dengan naiknya skala Mohz pada batu Bacan. Selain itu, uniknya batu Bacan mempunyai perkembangan range Mohz yang jauh, yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis bebatuan lain, antara 4,2-8 skala Mohz. 
Batu Bacan
Warna pada Chalcedony juga beraneka macam mulai dari kristal, biru, hijau dll. Dibandingkan batu Chalcedony lain batu Bacan mempunyai keunikan tersendiri yaitu ketika warna mendapat biasan cahaya akan menimbulkan efek berbeda, contoh bluish-green, ketika belum terkena biasan cahaya akan berwarna biru, namun ketika cahaya melewati/menembus unsur silika dan unsur lain di dalam batu Bacan maka akan terlihat berwarna hijau. Hal ini berbeda dengan Kecubung Wulung yang tampak hitam tapi bila terkena sinar maka berwarna ungu, hitam si wulung adalah warna ungu yang pekat seolah warnanya menjadi hitam. Bacan hijau yang ditemukan di Pulau Kasiruta tepatnya di Desa Palamea dan Desa Doko. Baca artikel lebih lengkap di PERBEDAAN BACAN DENGAN HIJO GARUT dan BACAN PALAMEA

Jenis Lain Batu Bacan

Batu Ijo Garut Mirip Bacan
Batu Ijo Garut
Selain batu Bacan di Halmahera Selatan juga ditemukan batu Chalcedony yang lain yaitu batu Obi. Kombinasi warna “King Obi” (Bacan Kuning, Orange, Merah, Hitam, Hati Hiu dan Pink/ merah Fanta, kombinasi warna dari satu bongkahan batu) ditemukan di pulau Obi,tepatnya di Desa Sum Kepulauan Bacan Provinsi Maluku Utara. Dari catatan lab. Kombinasi warna dan/atau lapisan warna yang berbeda dari satu bongkahan batu menunjukan bahwa “King Obi”dapat bermetamorfosis ke satu warna, atau kombinasi beberapa warna. Unsur pembentuknya sangat bergantung pada warna dasar (unsur mineral pembentuknya),seperti warna kuning dari mineral citrine, merah dari mineral limonite, dll. Semakin banyak mineral/unsur pengotor (nutrien), maka makin banyak warna yang terbentuk dalam satu bongkahan batu (merah, orange, kuning, ungu, putih dll). 
Sungai Dareh
Variasi warna ini juga disebut sebagai bagian dari Chalcedony yaitu memiliki kandungan Kristal yang tinggi dan mengeluarkan “Star” (seperti Cat eye's atauEgle eye's) dan/atau bias warna ketika pemukaan dan sudut materi (cincin) menerima sinar atau energi cahaya. Inilah yang menjadikan Bacan “King Obi”(Yellow King, Red King, Orange King dan White King Obi) menjadi lebih mahal dari Bacan Palamea dan Doko untuk ukuran satu mata cincin. Nama “King Obi” khusus untuk permata batu Bacan warna merah, kuning, orange dan putih kekuning-kuningan selain memiliki tingkat kristal yang relatif tinggi, juga memiliki star. Karena ke-khas-an/keunikannya batu Obi tersebut dinamai “King Obi” yang diperkenalkan pertama kali oleh bapak Asmar H. Daud, seorang penemu, pengrajin sekaligus kolektor “King Obi” di Ternate Maluku Utara. Semua jenis batuan yg disebutkan diatas itu terdiri dari bahan dasar yg berbeda, tetapi memang hanya Bacan yg paling unik dengan julukan batu hidup. Baca artikel PERBEDAAN BACAN DOKO DAN BACAN PALAMEA dan TENTANG BACAN DOKO

Perbedaan Batu Bacan dengan Batu Lain

Giok Aceh
Selain batu Bacan ada beberapa jenis Chalcedony yang lain diantaranya Lumut Aceh, Indocrase, Sungai Dareh, Hijau Garut, dll. Indocrase dengan bahan nephrite jade dangan kekerasan yg maksimal dan butir pasir peraknya. Sungai Dareh dengan jadestone gaya warna pucukpisang atau totol sayurnya. Garut dengan Chalcedony Bungbulang yang masyhur. Bacan, Crysocolla-Chalcedony (Gem Silika ), di Indonesia ini hanya Bacan yang bermetamorfosa dari Crysocolla-Chalcedony kearah Chalcedony. Butuh kesabaran dalam merawat dan memperlakukan batu Bacan agar menjadi kristal yang indah. Bacan mengkristal dan berubah warna  dengan cepat seiring kontaminasi logam ke Crysocolla. Perbedaan struktur tanah mempengaruhi cepatlambatnya proses pengkristalan batu Bacan. Jenis Crysocolla-Chalcedony itu cuma ditemukan di 4 tempat diseluruh dunia dan salah satunya di kepulauan Bacan ini.

Kandungan dan Unsur Kimia Penyusun Batu Bacan 

Pada dasarnya walaupun jenis zatnya sama tapi ada hal-hal yg membuat perbedaan misalnya compon NC4 (normal butane) dan IC4 (iso butane) dengan berat molekul yg sama tetapi dengan posisi lurus rantai compon dan posisi bercabang rantai compon ternyata menghasilkan titik didih dan titik beku yg berbeda. Begitu juga pembentukan kristal di Bacan, dengan posisi titik beku yg berbeda karena pengaruh zat tertentu yg ada diseputaran tanah pertambangan itulah yg mempengaruhi percepatan proses pengkristalannya. Zat penyusun yang kompleks ternyata jadi khasanah tersendiri bagi batu Bacan dan akhirnya bisa mempercepat dan memperkuat Chalcedony-nya. Untuk memilih rough Bacan hendaklah untuk teliti dulu. Kerapuhan pada rough Bacan memang sering kita jumpai, disamping karena memang skala Mohz nya masih rendah, terkadang perlakuan yang kurang bijak. Kerapuhan ini terjadi dari mulai awal penambangan, pemecahan, packing, sampai dengan ditempat penyimpanan dan akhirnya Bacan yang rapuh semakin rapuh karena adanya retakan-retakan halus yang mungkin tidak begitu terlihat. Ciri ruogh bongkahan batu Bacan yang bagus adalah minim kapur, keras, hitam dan solid(padat), tidak ada lubang walau kecil, permukaanya berwarna sama di semua bagian,tidak ada bagian hitam yg rapuh, densitasnya berat dan tidak ada titik kristal warna kuning indikasi garam, belilah bahan di tempat yang yakin bisa memuaskan pelanggan dan jangan lupa bawa teman yang mengerti dan paham dengan Bacan.

10 comments:

  1. Info yang bermanfaat..... Thanks ya bung....

    ReplyDelete
  2. http://www.infobacan.com/2015/01/mengenal-perbedaan-batu-bacan-ijo-garut.html

    ReplyDelete
  3. Trims Admin, sdh menambah wawasan saya mengenai batu Bacan.

    ReplyDelete
  4. Jadi mengerti setelah membaca ini, ayo di order cimol keringnya bos, ngeblog enaknya sambil ngemil Moringsey Cimol Kering (Moring) khas Bandung. Klik htp://moringsey.com :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal juga. Wah, wardanashop jualan lukisannya bagus.

    ReplyDelete
  6. ane baru koleksi hijau garut nih, bacannya belum punya..

    ReplyDelete
  7. beli bongkahan katanya bacan doko gak taunya hijau garut

    ReplyDelete

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.