Review Nikon COOLPIX AW120: Kamera Digital Underwater (Waterproof) Terbaik

Leave a Comment

Jika Anda melihat foto underwater photography milik saya di artikel “Freediving(Menyelam Bebas) Memotret Keindahan Bawah Laut”, foto tersebut diambil hanya menggunakan sebuah kamera digital Nikon COOLPIX AW110. Walaupun sekarang sudah keluar versi terbaru Nikon COOLPIX AW120, secara fitur tidak berbeda jauh dengan kamera Nikon COOLPIX AW110. Berikut ini review saya tentang kamera Nikon COOLPIX AW110.  

Bagi Anda yang suka berpetualang dan suka mengabadikan momen foto berharga Anda, pasti menginginkan sebuah kamera digital yang portable mudah dibawa. Apalagi bagi Anda yang suka dengan aktivitas outdoor ekstrim seperti diving (menyelam) dan snorkeling pasti membutuhkan kamera digital yang dapat memotret keindahan bawah air (laut). Kamera Nikon COOLPIX AW120 adalah kamera digital underwater (waterproof) terbaik karena mempunyai ketahanan terhadap air, debu, dan suhu,. Disamping itu juga mempunyai kualitas gambar underwater photography yang bagus. Kebanyakan kamera digital waterproof memang tahan terhadap air tetapi kualitas foto yang dihasilkan tidak sebaik Nikon COOLPIX AW120.
Photo Credit
 Kamera digital ini sangat baik untuk foto bawah air (underwater photography). Kamera ini mempunyai 16MP CMOS sensor sehingga foto yang dihasilkan sangat jelas. Kamera Nikon COOLPIX AW120 dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti red-eye reduction, anti motion blur, dan face detection. Semua kelengkapan ini menjadikan kamera Nikon COOLPIX menjadi kamera digital underwater (waterproof)terbaik.

Daya Tahan (Durability) Kamera Digital Nikon COOLPIX AW120

Salah satu keunggulan yang paling menonjol kamera ini adalah daya tahannya yang luar biasa. Kamera digital ini dapat digunakan di segala medan baik aktivitas outdoor air maupun di darat. Nikon COOLPIX dapat digunakan maksimal pada kedalaman 18 meter selama 1 jam. Walaupun kamera ini tidak cocok untuk Scuba diving kedalaman di atas 20 meter tetapi kamera ini dapat digunakan untuk fun diving atau snorkeling. Kamera ini mempunyai daya tahan terhadap temperature udara ekstrim hingga -10 derajat Celcius sehingga kamera ini tetap dapat menghasilkan kualitas foto yang baik di daerah bersalju sekalipun. Kamera Nikon COOLPIX juga tahan terhadap banting (shockproofing) hingga ketinggian 20 meter. Selain itu, kamera NIKON COOLPIX juga tahan terhadap debu (dustproof) sehingga Anda tak usah khawatir debu dapat masuk ke dalam lensa kamera. Saya pernah menggunakan kamera ini ketika berenang di sebuah sumber mata air panas dan hasil foto yang dihasilkan cukup baik. Berikut ini tambahan hasil test daya tahan yang dilakukan oleh sesorang pada sebuah website www.toptenreviews.com

The camera easily handled our durability tests. When we dipped it in the water, nothing distorted on the LCD viewfinder, and the buttons were still fully usable. When we threw it into the water, it sank to the bottom, but stayed on. We dropped it onto hard ground a few times from 5 feet, and it still worked well. Since the camera is not rated as crushproof, we did not perform our crush test on it. Lastly, we placed it in a freezer for five minutes, pulled it out and took a picture before it could warm up, and there weren’t any noticeable changes to the performance. (www.toptenreviews.com)


Kualitas Gambar Foto Nikon COOLPIX AW120

Kamera Nikon COOLPIX AW120 mempunyai kualitas image 16MP CMOS image sensor. Tombol shutter kamera ini sangat mudah digunakan dengan sekali tekan secara otomatis foto langsung dapat dihasilkan dengan kualitas bagus. Kamera digital ini mempunyai fitur yang canggih dan mudah digunakan antara lain setting exposure, macro, landscape, flash, self timer, red-eye reduction, backlight, image stabilization, dll.
Hasil Foto (Photo Credit Dzikri WB)

Features Kamera Digital Nikon COOLPIX AW120

Salah satu yang paling saya suka dari kamera ini adalah mempunyai fitur yang lengkap. Kamera ini dapat merekan video full HD sehingga kita tidak perlu membawa handycam atau video shooting untuk merekam video saat traveling. Jika Anda khawatir dengan borosnya memori penyimpanan karena kapasitas video yang besar, Anda dapat mengaturnya sehinga resolusinya menjadi lebih kecil. Kamera digital ini juga mempunyai fitur yang dapat mengedit gambar langsung di kamera.
GPS Nikon Coolpix (Credit Photo)

Jika Anda ingin mengambil sebuah foto benda bergerak dalam kecepatan tinggi, kamera ini mempunyai face detection sehingga dapat mem-fokuskan gambar dan mendeteksi wajah dengan cepat secara otomatis. Jika Anda suka naik gunung atau hiking, kamera ini dilengkapi dengan GPS sehingga dapat menunjukkan dimana peta lokasi Anda sekarang. Kamera ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi connectivity sehingga dapat dihubungkan dengan smartphone tanpa menggunakan kabel USB.

Daya Tahan Battery dan Storage Nikon COOLPIX

Kamera Nikon COOLPIX mempunyai internal memori dengan kapasitas 329MB. Jika Anda inging menggunakan untuk merekam video dengan kapasitas besar maka Anda perlu menggunakan memori eksternal (microSD card). Baterai kamera digital ini dapat di-charge ulang jika habis. Jika baterai full, kamera ini dapat digunakan hingga 350 shot.
Baterai Kamera (Photo Credit)


Desain Kamera Digital Nikon COOLPIX AW120

Walaupun kamera ini sangat kecil dengan ukuran kurang dari 4,5 inchi, kamera ini sangat kuat dan awet. Kamera ini juga sangat ringan. Kamera digital ini memiliki display picture dengan ukuran 3 inchi. Screen display kamera ini bukan touchscreen tetapi menggunakan tombol manual yang mudah dioperasikan. Berhati-hatilah ketika menggunakan kamera digital ini saat diving atau snorkeling karena kamera ini bisa hilang tenggelam (tidak dapat mengapung).
 
Tombol Menu (Photo Credit)
Itulah sekilas review tentang Nikon COOLPIX AW120. Menurut saya, kamera digital ini adalah kamera terbaik dengan harga murah karena dapat digunakan di segala medan. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail BACA JUGA: Review Semua Merk Kamera Digital Underwater Waterproof Terbaik.

0 comments:

Post a Comment

Budayakan komentar dengan bahasa yang sopan.